Dwi Widya's


Hitam Vs Putih – Domba Vs Musang

Posted in Hikmah oleh Dwi Widya pada November 2, 2009

Allahu a’lam. Memang Dialah yang maha tau segala perkara yang terjadi dan akan terjadi di alam semesta raya ini. Namun, ada satu pertanyaan ketika melihat berita di televesi akhir-akhir ini. ’Siapa orang yang paling tau kebenaran terntang konflik KPK ini?

Pertikaian tidak hanya berlangsung di antara pihak2 yang terkait konfik ini. Bahkan opini-opini pun ikut bertarung. Pada masa sekarang, ditengah krisis kepemimpinan, krisis kepercayaan, krisis hukum, krisis sosial dan politik, entah mana yang benar. Terkadang hal yang tergambarkan di media terlihat begitu putih ternyata hitam, dan sebaliknya. Pun tak jarang banyak tokoh terlihat seperti domba, ternyata musang.

Ya Allah, tunjukan kepada kami yang benar adalah benar dan yang salah adalah salah, dan tunjukan pada kami serta pemimpin-pemimpin kami kepada jalan yang lurus dan penuh rahmatMu.

Ada saat ketika sutau objek begitu dielu-elukaan, kemudiaan pada saat yang tak terlalu lama berselang objek itupun dihujat-hujat. Dan sebaliknya. Dan pada saat masyarakat tahu akan adanya suatu berita atau informasi, maka yang terllibat bukan lagi pihak2 yang secara langsung bertikai, namun ada satu pihak lagi yang turut memberkan andil pada kondisi sosial masyarakat kita, yaitu media. Melalui medialah kemudian masyarakat dapat menentukan sikapnya sebagai respon atau reaksi atas informasi yang mereka dapat.

Sebagai grass root skala kecil mungkin masyarakat tak punya wewenang secara birokrasi sehingga dapat merubah konflik elitis itu. Namun peran masyarakat pada setiap dinamika yang terjadi di negeri ini mutlak sangat dibutuhkan. Bukan tidak mungkin respon masyarakat menjadi suatu kekuatan rakyat yang besar. Di sisi lain, jangan sampai kondisi ini berujung pada apatisme akut pada masyarakat yang memang sudah jenuh dan bosan dengan episode2 dan dialog2 para pemeran sandiwara politik yang mereka saksikan di media. Dan jangan sampai episode penegakan hukum ini kehilangan orientasinya, yang seharusnya berujung atas nama demi tegaknya keadilan hukum di negeri ini agar masyarakat aman, menjadi orientasi hanya demi keamanan pihak-pihak tertentu saja.

Semoga Allah tak mengunci mati hati orang-orang yang pada pundaknya terpangul tanggung jawab besar.

Ini hanyalah suara rakyat awam yang tidak tau menahu dengan pasti apa yang sebenarnya terjadi, yang hanya bisa menganalisa dan menyimpulkan dari apa tersajikan, namun punya kepedulian besar terhadap keadilan dan kesejahteraan negeri ini.

”Sesungguhnya Allah pelindung orang-orang yang beriman yang mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya.” (Al Baqarah:257)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: