Dwi Widya's


Empal Sapi Sie KOnsumsi

Posted in Icip-Icip oleh Dwi Widya pada November 28, 2009

Bisa dihitung pake 5 jari (mungkin nggak sampe) seumur-umur jadi sie konsumsi. Bukan apa-apa, tapi mungkin karena sudah nampak nggak ada jaminan konsumsi bakal beres.
Acara qurban kantor di yayasan hari ini lumayan bikin bau sangit, dan baju kena gosong-gosong. Anyway…I enjoyed it.
estimasi awal masak gulai dengan 5kg daging sapi sudah sangat cukup. Ternyata, maaf se maaf-maafnya…ada yang kebagian. Terutama ibu-ibu yayasan yang dah bantu kita. Padahal, udah ditambah 3.5 kg daging yang dimasak empal. Masih nggak cukup juga.
Ngomong-ngomong soal empal, sempet ngicip dikit pas baru mateng, kok enak banget ya. Pas nyadar ternyata belum rejekinya, alias kehabisan, langsung deh memburu si ibu yang masak empal tadi. Tanya pake bumbu apa, caranya gimana..bla bla bla.
Sampe rumah, ternyata ada yang sms, nanya enaknya daging dimasak apa ya untuk acara besok…^_^ kubalaslah dengan penuh tendensi…”masak empal aja”.
Ternyata, jabatan sie konsumsi tak berakhir begitu saja. KArena ada banyak daging di rumah, ibu memintaku untuk ngolah daging-daging itu…”terserah mau diapain deh, yang penting enak”. Hu hu hu…apalagi kalo bukan empal yang bakal kubuat. Kupas-kupas, uleg-uleg, tumis-tumis, sreng sreng sreng…jadi deh. Uenaaknya, masya Allah, karena emang laper kali ya. Masak sendiri, makan sendiri, ngalem sendiri =p
Puaass!!! Alhamdulillah…hati senang, perut kenyang.

Empal Sapi a la Q.10
Bahan-bahan
Daging sapi, potong agak lebar dan tipis
Santan
Bawang merah, bawang putih
Ketumbar, Kemiri
Lengkuas, Jahe (sedikit)
Garam, Gula merah
Caranya:
All bumbu dihaluskan
Bumbu ditumis sampai harum
Masukan santan, tambahkan asam jawa, didihkan
Masukan daging, masak dengan api agak kecil sampai daging empuk dan santan habis
Goreng daging sapi tadi sampai kecoklatan.
Lebih enak dimakan dengan nasi hangat dan sambal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: